Blogger news

Pages

Senin, 12 Oktober 2015

Teknologi Mobil Tanpa Sopir - Volvo Cars

Volvo rilis cara kerja teknologi mobil otonomnya pada model XC90 (Volvo)
Volvo rilis cara kerja teknologi mobil otonomnya pada model XC90 (Volvo)
STOCKHOLM - Pemanfaat teknologi komputer saat ini sudah mulai dikembangkan di salah satu perusahaan mobil mewah, Volvo. Volvo akan menguji coba kendaraan tanpa sopir atau mobil otonomnya pada 2017. Untuk tahap awal, sebanyak 100 unit mobil SUV mewah XC90 yang dilengkapi teknologi ini dan diuji di jalan-jalan Swedia. Selain teknologi otonom, Volvo juga menggunakan kontrol wajah pada XC90.
Dalam foto yang diunggah pertama kalinya terungkap bagaimana pengemudi bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi otonom pada mobil XC90.
Teknologi yang disebut dengan IntelliSafe Auto Pilot itu didesain untuk menjamin keamanan saat kontrol diserahkan dari pengemudi ke perangkat komputer. Teknologi otonom bisa diaktifkan dan dinonaktifkan menggunakan sepasang tuas yang terletak di belakang setir. Jika mobil sudah siap melaju sendiri akan muncul cahaya hijau pada tuas. Lalu pengemudi menarik dua tuas itu secara serentak sehingga komputer akan mengambil alih laju kendaraan.
Jika kendaraan mendeteksi mobil tidak bisa dilajukan secara otonom lagi, pengemudi akan diberi informasi dan memiliki waktu 60 detik untuk mengambil alih kemudi. Jika proses transfer kendali gagal, mobil akan berhenti dengan sendiri.
"Kami mendesain sebuah teknologi di mana pengemudi dapat berkomunikasi yang aman dan mulus digunakan sehingga pengemudi dapat dengan percaya diri menyerahkan kontrol atau mengambil alih kontrol dari mobil," ujar SVP Design Volvo, Thomas Ingenlath, seperti dikutip dari Autoexpress.

Teknologi ini akan diuji sebagai bagian dari proyek Drive Me di Gothenburg, Swedia. Setelah uji coba, teknologi IntelliSafe Auto Pilot akan diperkenalkan lebih luas lagi kepada masyarakat.

Simak video berikut ini.

0 komentar:

Posting Komentar