Blogger news

Pages

Kamis, 15 Oktober 2015

Batik Fractal, Memadukan Teknologi Komputer, Sains dan Art

http://cdx.dexigner.com/news/xw/23844.jpg

Batik dan fractal adalah dua konsep yang berbeda. Batik merupakan suatu kesenian sedangkan fractal adalah konsep matematika yang berfokus pada pengulangan, dimensi, literasi, dan pecahan.

Kehadiran fraktal dalam batik menunjukan bahwa batik merupakan suatu sistem yang kompleks, hasil interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Manusia memahami alam lingkungan dan menerjemahkannya dengan melukis pada kain dengan teknik batik. Dari sini dapat dilihat bahwa terdapat keterhubungan antara teknologi, sosial, budaya, dan kepercayaan yang menyebabkan batik memiliki unsur fraktal.

Untuk mendesain awal batik fractal kita memerlukan beberapa alat yang cangggih seperti seperangkat komputer dengan kemampuan yang tinggi dan printer yang bisa memperbesar gambar hingga ukuran A0. Untuk mendesain motif fractal harus memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dan mengerti logika pemrograman komputer, diantaranya software Jbatik yang telah dibuat khusus untuk merancang desain fractal, dan diharapkan harus orang yang memiliki kemampuan yang cukup dengan teknologi komputer, sains dan art.

Video berikut merupakan video resmi dari Intel tentang Batik Fractal.

0 komentar:

Posting Komentar